Contoh Cara Uji t Independen/Sampel Bebas

Uji t sampel bebas digunakan untuk membandingkan rata-rata dua kelompok kasus. Agar supaya hasil penelitian baik, subjek yang diteliti harus dipilih secara random untuk kedua kelompok yang dibandingkan. Hal ini dilakukan jika ada perbedaan dalam jawaban dikearenakan oleh adanya perlakuan atau kurangnya perlakuan (treatment) bukan karena faktor lain. Untuk membandingkan rata-rata dua sampel kecil, persyaratan yang harus dipenuhi adalah kedua sampel mempunyai varians yang sama.

A. Prosedur Analisis

Untuk melakukan uji t Independen, langkah-langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

Pertama: Siapkan data.

Pada kasus ini kita akan membandingkan rata-rata penjualan untuk dia merek Handphone yakni apple dan samsung. Dalam riset ini kita ingin mengetahui apakah ada perbedaan rata-rata penjualan kedua merek tersebut. Eksperimen ini dilakukan di 10 toko handphone kepada para pelanggan yang sudah sering membeli handphone di toko-toko mereka. Dari toko tersebut kita ingin mengetahui handphone merek apa yang lebih diminati oleh pembeli sehingga mempengaruhi rata-rata perbedaan penjualan merek handphone tersebut.

Dalam eksperimen ini pelanggan hanya dihadapkan pada dua pilihan merek, yaitu Apple dan Samsung. Data penjualan untuk kedua merek handphone tersebut tertera di bawah ini: (data bukan data sesungguhnya)


Kedua: membuat desin variabelnya


Berilah values dengan ketentuan sebagai berikut: Handphone Apple diberi kode 1 dan Handphone Samsung diberi kode 2

Ketiga: memasukan data mulai nomor 1 sampai 20 seperti dibawah ini:


Keempat: Pilih Abalyse > Compare Means > Independent t test


Kelima: Pindahkan variabel penjualan ke dalam kota test variable(s) dan variabel merek ke dalam kotak grouping variable kemudian definisikan groupnya sebagai berikut: isikan 1 pada Group 1 dan 2 pada Group 2.



Pilih missing Values, Cek Exclude Analysis by Analysis kemudian tekan Continue.


Hasil analisisnya seperti dibawah ini:



Keenam: Melakukan penafsiran hasil analisis.

Bagian pertama: melihat persamaan varian antar kelompok yang dibandingkan.


Untuk melakukan uji kesamaan varians kita menggunakan angka Levene's test for equality of variabces test yang mengasumsikan kedua varians sama. Cara melakukan pengujian menggunakan langkah-langkah sebagai berikut:

Rumuskan hipotesis penelitian:
Ada perbedaan varians antara kelompok penjualan Apple dan Samsung.

Rumuskan hipotesis operasional:
Ho: tidak ada perbedaan varians antara kelompok responden pembeli Apple dan Samsung.
H1: ada perbedaan varians antara kelompok responden pembeli Apple dan Samsung.

Menggunakan kriteria pengambilan keputusan sebagai berikut:
- jika probabilitas atau signifikansi /sig > 0.05 maka Ho diterima.
- jika probabilitas atau signifikansi /sig < 0.05 maka Ho ditolak.

Mengambil keputusan:
Angka F test yang mengasumsikan kedua varians sama adalah 1,782 dengan probabilitas (sig) sebesar 0.199. Oleh karena angka probabilitas 0.199 > 0.05, maka Ho diterima dan H1 ditolak. Artinya, tidak ada perbedaan varians antara kelompok responden pembeli kedua merek handpone tersebut.

Bagian kedua: Melihat perbedaan rata-rata penjualan Apple dan Samsung secara deskriptif. Nilai menggunakan ouput dibawah ini:

Dari keluaran diatas diketahu bahwa rata-rata penjualan Apple sebesar 94.70 sedang Samsung sebesar (1.30. Secara deskriptif rata-rata penjualan Apple lebih besar dibandingkan dengan rata-rata penjualan Samsung.

Bagian ketiga: Melihat apkah perbedaan rata-rata penjualan kedua merek handphone tersebut signifikan atau tidak.


Untuk membandingkan perbedaan rata-rata penjualan pada kedua handphone tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Rumuskan hipotesis penelitian.

Ada perbedaan rata-rata penjualan antara Apple dan Samsung.

Rumuskan hipotesis operasional:
- Ho: tidak ada perbedaan rata-rata penjualan antara Apple dan Samsung.
- H1: Ada perbedaan rata-rata penjualan antara Apple dan Samsung.

Menggunakan kriteria pengambilan keputusan sebagai berikut:
- Jika t hitung/to > t tabel/t nilai kritis maka Ho ditolak.
- Jika t hitung/to < t tabel/t nilai kritis maka Ho diterima.

Menghitung besarnya nilai t tabel/t nilai kritis dengna ketentuan sebagai berikut:
DF= n-2 atau 10-2=8

alfa=0.05
Didapatkan nilai dari tabel sebesar 2.306 (untuk mudahnya silakan googling nilai t-tabel).

Membuat keputusan:

Nilai To dari output diatas sebesar 1,388 < nilai t tabel sebesar 2,306; dengan demikian Ho diterima dan H1 ditolak. Artinya tidak ada perbedaan rata-rata penjualan antara Apple dan Samsung.

B. Kesimpulan:

Didasarkan pengujian hipotesis disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata penjualan antara Apple dan Samsung. Oleh karena itu perbedaan rata-rata penjualan secara deskriptif dengan perbedaan rata-rata (mean difference) sebesar 3,400 diatas tidak bersifat signifikan. Kesimpulannya rata-rata penjualan antara kedua merek handpone tersebut sama.

No comments:

Post a Comment

hanya 5% komentar yang akan dimuat. Biasanya sih komentar cerdas. Jadi jangan sia-siakan waktu kamu hanya untuk nyepam