Hidup di jaman sekarang enak ya. Apa-apa mudah. Tinggal buka hape, buka browser, klik url, urusan selesai. Beda banget dengan jaman kakek-nenek kita dulu. Mau apa-apa harus usaha sendiri. mau belanja harus ke pasar yang jaraknya jauh. Mau kirim pesan, harus cari bis surat atau kantor pos dulu. Mau bikin proposal, harus bergulat sama mesin tik dulu. Jangankan online, listrik aja belum tentu ada.
Tapi, ada aja yang merindukan jaman dulu. Katanya enak. Temannya banyak. Dan seru. Gak seperti sekarang yang semuanya individualistis. Mau main keluar gak bisa. Banyak kendaraan lalu lalang. Mau dilapangan gak bisa. Gak ada lapangan. Mau main rame-rame gak bisa, semua sibuk sama urusannya masing-masing. Yang rame paling ketemu di sosial media. Itupun semuanya udah jadi norak. Apa-apa di share. Beli makanan di foto. Jalan-jalan di foto. Nyasar di foto. Lagi BAB aja di foto.
Tapi ada yang positif dari jaman sekarang, yaitu semuanya serba online. Mau naik taksi ada uber, mau naik ojek ada gojek, mau nyari makan tinggal pesen di gofood, mau nyari hotel ada airbnb. Banyak banget. Dan yang paling disukai adalah mau nyari uang, mau jualan, ada toko online. cihui.
Makanya sekarang banyak banget yang berprofesi sebagai juragan online. Bukan cuma orang dewasa, anak kecil pun sekarang banyak yang berprofesi sebagai seller. Bahkan bukan cuma yang profesinya pedagang, yang karyawan pun kini ada yang banting setir jadi pedagang, walaupun masih part time.
Tapi ternyata gak semuanya sukses di perdagangan online. Mau besar, mau kecil ada juga yang mengalami pahitnya persaingan perdagangan online. Kalo yang besar, rakuten misalnya. Perusahaan yang cukup sukses di Jepang harus gulung tikar di Indonesia. Kalo yang kecil, ya banyak banget.
Bisnis Online
Dulu sebelum benar-benar terjun di bisnis dagang online juga penulis memiliki harapan yang besar terhadap bentuk perdagangan ini. Dari hitung-hitungan, ternyata peluang untuk mendapatkan keuntungan terbilang besar. Dari sisi operasional juga terbilang gampang. Tak jarang kita jadi tahu ternyata untuk barang atau produk tertentu ternyata harga belinya murah banget. Beda banget kalo kita beli sebagai konsumen. Makanya gak heran deh kalo waktu itu angan-angan buat dapat uang berlimpah terus kebayang.
Browsing di internet ternyata banyak banget yang sukses jadi jutawan atau miliarder. Di kaskus misalnya, ada success story yang menceritakan bagaimana seller disana sukses dalam berjualan. Di toko bagus, tokopedia dan buka lapak sepertinya juga ada, cuma gak di ekspose aja.
Tapi, anehnya, kenapa kita yang juga seller kok gak bisa sukses ya seperti mereka. Barang yang dijual sama. Tempat jualannya sama. Sistem antar barangnya sama. Harga jualnya gak jauh beda kok. Tapi kenapa omset kok segini-gini aja ya? Pernah merasakan juga kan?
Pasti deh semangat makin drop gegara banyak ngeliat orang sukses jualan online. Apalagi banyak banget yang mamerin hasil jualannya di web. Atau gak badge di toped atau buka lapak yang berderet-deret. Bukannya memotivasi malah makin bikin depresi.
Nyerah? gak juga. Tapi pasif iya. Kok bisa ya mereka seperti itu dan kita omsetnya segini-gini aja.
Belum lama ini penulis berkesempatan untuk mendengar kisah langsung dari orang yang pernah mengikuti pelatihan sebagai seller di salah satu toko online besar di Indonesia. Toko online itu pengujung per harinya udah jutaan unique visitor. Mereka mengadakan pelatihan untuk menciptakan penjual-penjual dengan omzet ratusan juga. Sayangnya penulis cuma dengar aja gak ikut pelatihan langsung, walaupun materi pelatihannya dikasih.
Skip-skip-skip. Jadi ternyata kenapa ada orang yang sukses jualan online dan ada yang gak sukses jualan online karena masalah ilmu. Ya jualan online ada ilmunya sendiri. Ada yang bilang ilmu marketing. Tapi kalo penulis bilang ilmu campur-campur. Campuran antara marketing, manajemen, logika, dan internet.
Pada dasarnya sih yang dipraktikan adalah terkait dengan brand equity, atau ekuitas merek. Kalo anak marketing pasti tau nih. Ekuitas merek itu adalah kekuatan sebuah merek yang menghasilkan sebuah nilai. bingung ya.hehehe. Jadi ekuitas merek itu dipengaruhi oleh loyalitas, awareness, perceived value sama kualitas produk. Maksudnya, kalo penjualan kalian mau besar maka yang harus diperhatikan adalah kualitas produk yang kalian jual, awareness atau ketahuan konsumen akan toko kalian, loyalitas pelanggan terhadap toko kalian dan kesan yang diterima pelanggan dari pelayanan toko kalian.
Kalo ngak memperhatikan keempat faktor itu, jangan harap deh penjualan akan meningkat.
Nah, yang paling utama buat pedagang pemula adalah masalah awareness, atau ketahuan konsumen akan toko kalian. Tanpa disadari sebenarnya toko kita tuh satu diantara jutaan toko online lainnya. Orang diujung sana gak bakal tau nama toko kita apa, adanya dimana dan apa yang dijual. Mereka gak akan tau sampai kita mengenalkan toko kita. Caranya gimana? yang paling gampang ya iklan. Promosi. Nah tapi jangan lupa, bentuk promosi di dunia dagang online itu beragam macamnya lho. Bukan cuma iklan di facebook sama google aja. Banyak banget. Di materi pelatihan itu dikasih tau detail bagaimana cara melakukannya. Tapi gak saya buka disini ya. PM aja atau kunjungi website aruskaz.blogspot.co.id.
Nah setelah konsumen tahu toko kita. yang seharusnya diperhatikan adalah pelayanan yang diperoleh konsumen. Ini juga ada ilmunya gan. Bahkan banyak lho yang ngadain pelatihan soal ini. Kalo kita jadi konsumen, gak jarang kan kita dapat seller yang ketus, yang pelit ngejawab dan lain-lain. Nyebelin banget kan. Belum dibeli barangnya aja udah belagu. Nah, kalo kita pingin barang kita sukses terjual, ya yang satu ini harus jadi perhatian utama. Di training di jelasin kok bagaimana menghadapi pertanyaan dari costumer.
Nah, setelah pelayanan, hal penting lainnya adalah kualitas barang. Bete banget kan kita kalo barang yang kita beli ternyata baru sehari-dua hari udah rusak. Memang sih sebagai seller kita gak bisa menjaga kualitas barang dagangan. Kan bukan kita yang bikin. Tapi, tetap aja kualitas barang sangat menentukan. Makanya salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan cara mencari suplier yang berkualitas. Merek boleh sama tapi kualitas boleh jadi beda. Lho gimana bisa? ya bisa aja. misalnya jualan laptop tapi barang nya dilempar lempar kan juga bisa turun kualitasnya.
Nah, yang terakhir adalah loyalitas. Sebenarnya loyalitas dateng sendiri sih kalo pelanggan puas. Barang kita bagus, pelayanan ramah dan responsif otomatis ketika butuh barang serupa ya pelanggan bakalan balik lagi.
Bisa aja si kita bikin program loyalitas. Maksudnya supaya pelanggan dateng lagi ke tempat kita. Cara yang paling mudah ya dengan komunikasi. Sapa aja. Atau ucapkan selamat kalo lagi hari-hari khusus. Makanya nomor pelanggan disimpan. Sapa tau nanti setelah disapa dya bakalan balik lagi.
Menurut pelatihan yang teman penulis jalankan sih pada intinya ada dua yang harus diperhatikan. Pertama promosi. Bentuknya macem-macem. Dan biasanya hanya bisa dilakukan kalo memang kita serius sama produk yang mau kita jual. Cari tahu celah-celah yang ada di platform jualan kita. Banyak kok celahnya. Kalo gak tau mungkin agan harus belajar lagi sama yang tau ilmunya.
Yang kedua yang gak kalah penting adalah produk yang agan jual. Terkait produk mah banyak banget dimensinya. Bisa dilihat dari marginnya, dari harganya, dari kualitasnya..banyak banget deh. Tapi yang paling penting kita punya data dan insting yang kuat kalo barang yang kita jual pasti dibutuhkan oleh orang banyak.
Nah gitu ternyata jawabannya. Ternyata kenapa omset kita minim walaupun jualan online mudah..ya karena itu..kita gak punya ilmunya..
mau ilmu yang lain? mampir dong ke blog penulis di aruskaz.blogspot.co.id
No comments:
Post a Comment
hanya 5% komentar yang akan dimuat. Biasanya sih komentar cerdas. Jadi jangan sia-siakan waktu kamu hanya untuk nyepam