Cara Membuat Usaha Sampingan Yang Bisa Kerja Otomatis



Siapa yang gak mau uang? Hayoo..rata-rata semua pasti pingin uang ya.

Tapi ada juga lho yang gak mau uang. Hayo ngaku.. acung jari ya

Gak mau uang tapi maunya makan enak, pingin punya motor bagus, pingin punya mobil adem. Pingin punya pacar seksoy atau istri cantik. Hehehe..

Padahal, semuanya itu butuh biaya alias uang lho. 

Punya motor, apalagi motor yang bagus. Motor gede. Pasti butuh uang dong. Iya gak. Buat service. Buat Bensin. Buat parkir. Belum lagi helm.

Punya mobil juga sama. Bensin lah, service lah, parkir lah. Selain bikin kamu jadi keliatan tambah keren, pakai mobil ongkosnya juga lebih gede. 

Gak percaya? Coba aja mampir ke minimarket. Parkir 1-2 menit. Pas keluar pasti ditagih abang-abang tukang parkir. Cuma bayar 1.000,- gak bakal diterima.

Sama. Punya pacar atau istri cantik juga butuh biaya loh... betul gak? Kok diam? Belum pernah punya pacar atau istri cantik ya. Hehehe. 

Nah jadi siapa yang gak butuh uang?

Jadi gak salah dong kalo kita cari uang? Yang halal pastinya.

Baca juga: Rumah sakit patah tulang murah, operasi puluhan juta di Jakarta disini cuma 6 juta


Nah gimana caranya cari uang? Jawaban yang paling umum adalah kerja. 

Coba tanya sama emak atau papi dirumah deh. 

 Mak, gimana sih cara cari duit? …”Ya elu kerja tong. Pasti gitu jawabnya.

Atau “Papi, gimana sih caranya cari uang setelah lulus sekolah?” Kebanyakan para papi jwabannya gini deh “ Ya kamu kerja lah”.

Betul gak sih? Udah pasti iya dong. Kebanyakan orang tua di Indonesia pasti pingin anaknya kerja setelah sekolah. Atau mengarahkan anaknya untuk kerja supaya dapat uang. 

Sebenarnya apa sih yang dimaksud kerja.

Yang dimaksud kerja adalah menekuni profesi tertentu atau bisa juga yang dimaksud kerja adalah jadi pegawai di kantor. Jadi orang kantoran. 

Misalnya, jadi pilot, pegawai bank, dokter, arsitek, akuntan, cleaning service, satpam. Macem-macem deh.

Mungkin profesi sobat sekarang juga sama ya. Orang kantoran. Atau paling gak kerja sama majikan. Istilah kerennya adalah kerja bareng owner. Atau bisa jadi, sobat sekarang kerja sebagai pegawai negeri sipil alias PNS. Ya semuanya gak salah sih. 

Tapi gak menutup kemungkinan kalo sekarang sobat lagi mau mencoba merintis bisnis, atau tengah jalanin bisnis.

 Nah, kalo tipe sobat yang seperti ini kemungkinannya ada dua. Pertama, karena orang tua sebelumnya juga pengusaha. Kedua, karena nekat lawan arus keluarga terus jadi pengusaha. Atau yang ketiga, memang kejebur jadi pengusaha. 




Kerja jadi orang kantoran, atau kerja jadi pegawai ikut majikan, ya dapet uangnya rutin sih
Rutin tiap dua mingguan atau tiap bulanan.

Ada yang rutin tiap bulan dapet UMR. 

Ada juga yang tiap bulan rutin dapat 5 – 6 juta. Kalo yang ini biasanya new entry ya di perusahaan gede atau dah lama kerja di perusahaan biasa.

Ada juga yang dapat 10 juta. Ini kalo kerja di perusahaan mayan gede dan udah lama kerja. 

Dapat rutin 20 juta juga ada. Kalo jabatan udah manajer atau masih staff di perusahaan minyak.

30 juta – 60 juta rutin tiap bulan. Biasanya dapat segini karena jabatan udah tinggi atau udah ahli dalam bidang tertentu.

Ada juga yang dapat 100 – 200 jt sebulan. Gak percaya? Coba tanya aja tuh direktur utama BUMN..hehe..

Walaupun dirut tapi sebenarnya juga pegawai lho. Kan kerja buat pemilik perusahan.

Tapi percaya gak. Kalo gaji 200 jutaan sebulan itu kurang? .. masa sih!
Percaya gak kalo gaji 60 jutaan sebulan itu kurang?... keknya gak deh
Percaya gak kalo gaji 20 juta sebulan itu kurang? ... masa! gak banyak bersyukur nih
Percaya gak kalo gaji 10 juta sebulan itu kurang? ... keknya iya
Percaya gak kalo gaji 6 juta sebulan itu kurang? .... mepet banget sih
Percaya gak kalo gaji 3 juta sebulan itu kurang? ... iyalah kurang banget

Nah, dimana nih posisi gaji sobat? 3, 10, 60 apa 200 juta sebulan. Atau bisa jadi cuma 1 jutaan sebulan. 

Cukup gak dengan gaji saat ini?

Banyak yang bilang cukup. Tapi ada juga yang bilang gak cukup.

Cukup gak cukup sebenarnya balik lagi dengan konsep kebutuhan sama keinginan. Dan Inflasi tentunya...hahaha

Ada yang merasa cukup karena kebutuhanny terpenuhi, tapi gak mikirin keinginan. Karena masih jomblo..hehehe

Ada yang merasa gak cukup, karena gak bisa punya ini itu.

Ada yang bener-bener gak cukup karena harus biayain adik, orang tua, anak dsb.

Ada yang merasa gak secure, karena saat ini kebutuhan dan keinginan terpenuhi tapi menghadapi masa depan yang gak pasti.

Banyak banget deh alasannya.

Nah kalo sobat gimana? Cukup gak gajinya?

Memang kalo masalah cukup gak cukup ya balik lagi ke orangnya. Tapi cukup gak cukup juga bisa jadi hal yang positif. 

Kalo istri sobat cantik nan jelita bilang uang belanjanya gak cukup, ya masa gak dicarikan lagi. Cantiknya bisa luntur dong.

Atau kendaraan sudah usang, sering mogok di jalan, masa gak diganti kendaraannya. Pasti ganti dong.

Atau calon mertua minta jalan-jalan..ya masa gak dikasih

Atau rumah, anak sudah banyak, tapi kamar Cuma satu. Masa semuanya harus tidur bareng dalam satu kamar. Kan gak lucu.

Bisa juga anak mau sekolah, masa sekolah yang kurang agus. Pasti kita carikan sekolah yang bagus dong. Biar kualitas anak kita meningkat. Setidaknya lebih baik daripada orang tuanya.

Makanya gak cukup juga bisa jadi positif. Buat kita. Sepanjang hal yang  mendorongnya juga positif.

Jadi, kalo gaji udah dirasa gak cukup harus bagaimana lagi?
Nah ini seperti pertanyaan retorika ya. Pertanyaan yang gak butuh jawaban. Karena semua orang pasti tau.

Tapi kenyataannya, hal yang seperti ini banyak dihadapi oleh sobat kita yang lain lho. Sering kali masalah yang seperti ini malah jadi bahan buat berantem dengan pasangan (buat yang udah nikah).

“Mas, uang belanja udah gak cukup..harga barang naik” tutur sang istri
“Aku kurang apa lagi..aku udah kerja siang –malam, ya segini kemampuan ku” tutur suami.
“Yaudah..pulangin aja aku ke orang tua ku” isak si istri
Eeehhh..jangan ketawa deh baca dialognya. Ini beneran kok. Coba dengerin aja kalo pasangan muda lagi berantem. 

Makanya sebelum hal itu jadi masalah, kita harus mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kalo gaji nantinya dirasa bakalan kurang, apa salahnya cari solusi. Tul Gak?

Apa Yang Biasanya Dilakukan



Hemat pangkal kaya. Tapi kalo gak ada yang ditabung gimana bisa kaya.

Gimana bisa nabung, kalo tiap bulan gaji selalu habis. Habis ditengah bulan lagi. Dah gak ada sisa.
Gimana bisa nabung, kan pendapatannya lebih kecil daripada pengeluaran?

Nah, sebenarnya ini yang salah kaprah. Kita nabung dari uang sisa-sisa. Kalo ada sisa ya ditabung, kalo gak ada sisa ya gak ditabung. Parahnya lagi tiap akhir bulan saldo selalu nol. Bukan Cuma nol, tapi juga ada timbunan utang di kartu kredit atau warung sebelah....berattttt.

Banyak pakar keuangan menyarankan kalo nabung itu perlakukan seperti sedekah. Keluarkan diawal, bukan sisa-sisa.

Iya, keluarkan diawal. Jadi pas baru terima gaji, langsung deh tuh sisihkan buat nabung. Jangan ditunda. Langsung masuk rekening atau celengan. Makin lama ditunda, makin banyak alasan untuk pakai uang tabungan.

Nah ada catatan lagi nih. Jaman sekarang, terutama pegawai, yang namanya rekening tabungan bukan lagi untuk tabungan. Tapi Cuma buat tempat keluar masuk uang aja. 

Awal bulan masuk rekening tabungan, tapi tiap hari tarik tunai. Jadi rekening Cuma buat tempat tampungan sementara. Akhir bulan, sisa saldo tinggal nol.

Nah makanya antara rekening tabungan dengan rekening tampungan harus dibuat beda.
Misalnya kalao sobat punya rekening di bank A. Trus gaji dan penghasilan rutin yang biasa sobat terima masuk rekening A. Jadi, sobat harus buat rekening di bank B, untuk menampung tabungan.
Pas diawal bulan, langsung deh tuh transfer ke rekening sobat di bank B. Nah, supaya agan gak tergoda untuk menggunakan uang tabungan di rekening bank B, gak usah bikin kartu ATM. Biarin. Biar susah diambil uang nya. 

Nah kalo gak ada kartu ATM kan jadi susah tuh ambilnya. Kalaupun kepepet banget dan kita memang perlu untuk ambil uang itu ya tinggal pergi ke bank B aja.

Nah, berapa besar jumlah yang harus sobat tabung?

Sebenarnya gak ada patokannya sih. Tergantung penghasilan yang sobat terima. Dan tentunya target tabungan yang ingin sobat capai.

Kalo mau tabungan 1 juta dalam 10 bulan, berarti sobat  harus nabung 100.000 tiap bulan. Kalo mau 10 juta dalam 10 bulan. Berarti tiap bulan sobat harus nabung 1 juta.

Kenapa mesti pakai target? Biasanya kalo gak ada target kita jadi gak semangat. Gak ada yang kita tuju. Jadi, untuk memompa semangat, ya kita harus pakai target.

Selain cara menyisihkan tiap bulan. Ada juga cara lain. Lebih ampuh dan gak terasa.
Caranya, siapkan celengan.  Tiap hari sobat usahakan untuk masukan uang ke celengan sebesar 50 ribu. Atau kalo belum sanggup, sobat bisa celengkan 20 ribu. 50 atau 20 ribu mungkin uang receh bagi sobat. Anggap saja uang rokok 1 hari. 

Lakukan tiap hari. Nanti kalo sudah satu tahun, baru deh celengannya dibuka.

Nah, ketika buka celengan berapa uang tabungan yang sobat dapatkan?

Coba kita hitung. Kalo misalkan sobat masukan 50 ribu tiap hari, kalo 360 hari berarti sobat bisa mendapatkan 18 juta. Kalo nabung 20 ribu, berarti dalam 360 hari sobat bisa mendapatkan 7jutaan. Lumayan bukan.

Trus uangnya untuk apa? Tadikan masalahnya pendapatan gak nutup buat pengeluaran. Nah uang tabungan ini bisa sobat gunakan untuk menutup pengeluaran. Atau bisa juga digunakan untuk investasi.





Haduh lagaknya kek orang kaya aja deh..investasi. eit jangan salah. Investasi bisa dilakukan oleh siapa aja lho. Mau dia buruh, polisi, pegawai, cleaning service, office boy, pegawai administrasi, guru, atau profesi apapun juga bisa lho investasi.  

Udah punya uang kan? Iya uang. Hasil nabung itu lho. Nah uang yang terkumpul, kalau sobat gak habiskan untuk nambal pengeluaran, uang tabungan sobat bisa sobat gunakan untuk investasi.
Kenapa investasi? 

Pernah denger robert t kiyosaki gak? Kuadran bisninya Robert T Kiyosaki. Nah dikuadran itu disebutkan bagaimana cara mendapatkan uang. 

Yang pertama adalah pekerja. Pada kuadran ini diisi oleh pekerja, seperti sobat kebanyakan. Dalam tipe ini sobat harus bekerja untuk orang lain dan menukar waktu dan tenaga untuk mendapatkan penghasilan. 

Pada kuadran dua, sobat bekerja untuk diri sendiri, tapi bisnis gak akan berjalan kalo gak ada sobat. Kalo bisnis gak jalan, penghasilan pun gak akan ada. Nah, untuk kuadran ketiga, sobat memiliki bisnis sendiri dan memiliki pegawai. 

Dan terakhir, kuadran investor, uang yang bekerja untuk sobat. Bukan orang lho tapi uang yang bekerja untuk sobat.

Kok bisa sih uang yang bekerja untuk sobat. Ya tergantung sih. Uangnya kerja dimana..hehehehe

Iya serius sobat..uangnya kerja dimana. Kalau kerjanya di sektor perbankan, ya uangnya akan menghasilkan dari sektor perbankan. Kalau uangnya kerja di perdagangan saham ya uangnya akan menghasilkan dari perdagangan saham. Kalau uangnya kerja di ternak ayam, ya uangnya dari telor dan daging ayam. 

Jadi tergantung dimana uangnya bekerja. 

Lho kok uang bekerja? Maksudnya bekerja bukan uangnya bisa jalan atau punya otot. Tapi uangnya digunakan sebagai modal.Modal untuk jual beli saham (di perdagangan saham), modal yang digunakan sebagai pinjaman (di perbankan) modal untuk menjalankan usaha (contohnya modal yang ditanamkan di peternakan), dan seterusnya.

Trus kalo investasi emas, atau properti gimana? Giamana cara uang bekerja? 

Ya sama aja sih sobat. Uang bekerja sebagai modal, dan sobat bisa dapat kelebihan uang jika jual emas atau properti diatas modal yang sobat keluarkan. Kalo dibawah modal yang sobat keluarkan ya sobat rugi.

Ada lagi gak nih caranya supaya pendapatan bisa menutup pengeluaran? Selain investasi, selain kerja dengan orang lain, selain jadi freelance?

Ada kok sobat. Namanya MLM. Multi Level Marketing. Tapi disini saya tidak akan membahas soal MLM. Khawatir nanti malah dituduh jualan atau rekrut anggota MLM lagi..hehehe..
Selain MLM? Ada lagi gak?

Masih banyak sobat. Ada berkebun emas, affiliasi, dropship, reseller produk, agen penjualan.
Atau sobat bisa bekerja di dua tempat.

Misalnya shift pagi di perusahaan A, shift malam di toko B. Itu kalau sobat punya fisik yang kuat. Bisa juga sobat ikut jadi pengemudi gojek atau sopir uber.
Tapi gak saya bahas di post kali ini. 

Nah, balik lagi seperti judul post blog ini. Kalo sobat udah bekerja dan sudah memiliki penghasilan tapi sobat ingin menambah penghasilan, dari usaha sampingan, gimana caranya?

Seperti yang udah kita bahas di kuadran Robert T Kiyosaki. Kebanyakan dari kita adalah pegawai yang berada di kuadran I. 

Ada juga kita yang di kuadran dua yakni self employee atau bahasa kekiniannya frelancer. Ada juga yang jadi pengusaha yang ada di kuadran tiga dan sedikit yang dikuadran iv yakni sebagai investor.

Kalo bagian investasinya sudah kita bahas diatas ya, meski baru sedikit. 

Nah, sekarang bagian yang paling asiknya nih sobat. Paling asik karena paling banyak dilakukan. Paling logis untuk dilakukan. Bukan cuma bisa dilakukan oleh pegawai yang gajinya banyak. Tapi juga bisa dilakukan pegawai yang gajinya kecil. 

Apakah itu?

Yup bener banget. Usaha sampingan.

Nah bukan sekedar usaha sampingan, tapi seperti yang ditulis di awal post blog ini, Yaitu usaha sampingan yang bisa berjalan secara otomatis. 

Sebelum bahas soal otomatis, usaha sampingan apa sih yang bisa dilakukan oleh seorang pegawai?
Sobat tentu sudah tau. 

Bisnis online, dagang online, jual voucher pulsa, jual beli barang bekas, jual beras..banyak kan.
Nah, untuk mudah dalam memahami usaha sampingan, saya coba membagi jenis usaha sampingan menjadi tiga. 

Pertama, usaha sampingan freelance. Kedua, usaha sampingan yang patungan dengan teman. Ketiga, usaha sampingan bisnis sendiri.

Kenapa dibuat jadi tiga? Karena kebanyakan usaha sampingan pegawai seperti ini. Karena keterbatasan waktu, tenaga dan uang, bentuk paling maksimal yang bisa dilakukan ya seperti ini. Freelance karena gak butuh modal besar, waktu kerja fleksibel. Patungan karena butuh modal besar. Dan bisnis sendiri karena modal cukup dan waktu bisa di manage dengan baik.

Coba kita bahas satu per satu.



Usaha sampingan ini paling banyak dilakukan oleh orang yang memiliki skill. Skill yang bisa dijual.
Saya dulu juga pernah kerja sebagai freelancer. Sebagai penulis. Nulis di koran dan di website.
Teman saya selain kerja jadi pegawai juga kerja jadi freelancer. Bikin website.

Mungkin sobat juga kerja jadi freelance juga. Mungkin ada yang jadi  desainer, interior desain, akuntansi, pajak dll.

Enaknya punya usaha sampingan freelance adalah tambahan uang gan. Kadang penghasilan yang diperoleh bisa berkali lipat dari gaji yang diterima sebulan. 

Teman yang freelance jadi programer website malah pernah dapat proyek yang nilainya fantastis. Dapat 60 juta dalam satu proyek. Luar byasah. Ada juga teman yang dapat 10 juta dalam 2 minggu. Padahal cuma nulis aja. 

Dahsyat deh.

Dapat jobnya gimana sih kalo freelancer?

Banyak jalan menuju roma..hehehehe..banyak banget cara untuk mendapatkan job sebagai freelancer. 

Mungkin nanti kita bahas secara khusus topik mengenai freelancer. Tapi tempat cari job yang lumayan populer, apalagi dibayar pakai dollar ya di freelancer.com

Nah di freelancer ini ada beberapa kategori kerjaan. 


  1. Website IT dan Software
  2. Mobile
  3. Writing
  4. Design
  5. Data Entry
  6. Product Sourcing and Manufacturing
  7. Sales and marketing
  8. Business, Accounting and Legal
  9. Photography, General Labour, Cleaning
  10. Lain-lain

Dari list jenis freelance diatas sobat jadi tahukan ternyata jenis freelance tuh banyak banget. Buat agan yang jago coding atau diperusahaan kerjaannya sebagai programer bisa loh jadi freelance di bidang website it atau software. 

Atau yang jago otak-atik andorid bisa juga cari kerja lepas programming atau bikin program android.

Desain juga bisa. Bahkan ada juga website khusus buat pekerja lepas sebagai desainner. 
Kalo gak punya skill bisa ikut data entry. Asal punya modal internet dan komputer, kerjaan sampingan data entry bisa dilalukan.

Nah, kalo photography biasanya paling banyak dikenal yah. Banyak banget jenis usaha sampingan yang urusannya dengan photography. Biasanya yang paling terkenal ya foto buat prewedding. Atau bisa juga jadi fotografi untuk produk-produk bisnis online. 

Kalo sobat punya banyak waktu, alias sedang tidak ada kerjaan. Banyak juga kok kerja lepas yang bisa dilakukan. Intip aja di sejasa.com, ahlijasa.com atau beres.id. 

Ada banyak jasa yang ditawarkan disana. Nah sobat bisa lihat sendiri kira-kira jasa apa yang ditawarkan. Dari situ, sobat bisa replikasi jasa tersebut. 

Keuntungan dari freelance sebagai usaha sampingan adalah fleksibilitas waktu. Kerjaan di kantor atau kerjaan utama tidak terganggu. Ini merupakan hal yang penting buat seorang pegawai. 

Jangan sampai urusan kerjaan sampingan malah merusak pekerjaan utama kita. 

Selain fleksibel, uang yang dihasilkan dari kerjaan sampingan juga lumayan. Kadang, untuk bidang tertentu penghasilan yang diperoleh jauh lebih banyak ketimbang uang yang diperoleh dari pekerjaan utama.

Makanya gak heran kalo banyak banget yang menjadikan pekerjaan sampingan sebagai pekerjaan utama. Ketika penghasilan dari pekerjaan sampingan melebihi pekerjaan utama, perkerjaan utama dilepas dan focus untuk mengurus pekerjan sampingan.

Selain uang, keuntungan dari bekerja freelance adalah banyak kenalan. 

Ya, kenalan kita bertambah seiring dengan banyaknya klien yang kita bantu. Kalo klien puas, bukan hanya klien akan memesan kembali jasa serupa ke kita, tapi sering kali malah terjalin hubungan pertemanan. 

Dari mereka juga biasanya order-order lain mengalir. Teman dari klien biasanya gak sungkan menghubungi kita untuk mendapatkan jasa yang ditawarkan.

Kelebihan lain dari freelance adalah mengasah kemampuan dan keterampilan. Boleh jadi antara kerjaan utama dengan kerjaan sampingan saling beririsan. 

Misal, pekerjaan utama adalah desainer grafis, tapi pekerjaan sampingan juga kita terima desan grafis. Nah walaupun proyek kerjaan sampingan lebih kecil ketimbang kerjaan di kantor, tapi ilmu yang diperoleh dari kerjaan sampingan bisa menunjang pekerjaan utama.

Kalo makin mahir, tentu makin membuat sobat makin dianggap ahli dong ya kalo di kantor. Boleh jadi semakin mahir sobat dikantor, gaji juga makin naik. Yiihaaa.

Selain asah kemampuan, pengalaman yang sobat peroleh dari kegiatan freelance adalah banyaknya kasus yang sobat hadapi. Dengan semakin banyak kasus yang sobat hadapi maka makin cool sobat ngerjainnya. Jadi gak panikan. Alias bisa diandalkan. Tahu jalan keluar dalam menghadapi permasalahan.

Bos dikantor biasanya suka dengan orang yang bisa diandalkan. Boleh jadi sobat jadi orang kepercayaannya. Promosi karir..hmmm..patut diperhitungkan.

Oiya, jangan lupa, freelance biasanya bisa kerja di banyak perusahaan lho. Karena hitungnya per proyek, sehingga boleh jadi sobat bekerja di perusahaan A, B, C dan D secara bersamaan.

Selain keuntungan dan kelebihan, ternyata usaha sampingan berupa freelance juga memiliki banyak kekurangan. Nih, beberapa kekurangannya

  1. Penghasilan seperti anak ABG, alias labil. Jangan lihat besaran penghasilannya aja, tapi lihat juga stabilitasnya. Penghasilan jadi freelancer ibarat naik roler coster. Kadang naik, kadang turun. Kadang datar-datar aja. Kalo lagi banyak proyek apalagi proyek big fish, waduh penghasilan banyak banget. Kadang penghasilan sobat kerja dalam satu tahun bisa diperoleh dalam dua minggu. Tapi kalo lagi sepi proyek, waduh boro-boro. Berbulan-bulan kadang gak ada pemasukan.
  2. Pembayaran dari klien tersendat. Mungkin diawal perjanjian sobat sudah mempersiapkan skema pembayaran yang rinci. Tapi dalam pelaksanaan, ada aja kendala. Revisilah, belum ada progress lah, masih ada yang kurang lah. Kalo udah begitu biasanya klien gak mau bayar. Padahal sobat udah mengerjakan proyek siang malam. Gak tidur selama seminggu lagi.
  3. Gak ada pengawasan. Karena sobat bekerja untuk diri sendiri jadi sobat gak ada boss. Gak punya orang yang mengawasi pekerjaan sobat. Padahal sobat tipe deadliner. Kalo belum deadline belum dikerjakan. Akibatnya ketika sudah waktunya dan klien sudah menanyakan sobat belum siap sama sekali.
  4. Gak ada fasilitas khusus. Ya namanya juga usaha sendiri ya gak ada fasilitas khusus. Sobat sendiri yang harus cari fasilitas itu. Printer, Komputer modem atau apapun itu harus sobat sediakan sendiri.
  5. Gak dapat asuransi kesehatan. Tentu iyalah. Klien sudah pasti tidak memberikan asuransi kesehatan. Karena klien membayar berdasarkan proyek yang diselesaikan. Berdasarkan output.
  6. Tertipu pemberi kerja. Haduh kalo yang ini pasti sobat akan mengalami kalo jadi freelance. Sobat udah ketemu, sudah presentasi, sudah deal spek yang ditawarkan. Klien udah oke. Pas pengerjaan sudah dilakukan eh tetiba klien susah dihubungi. Sobat udah keluar waktu dan tenaga dalam pengerjaan tapi tiba-tiba klien membatalkan proyek. Haduh apes.
  7. Jam kerja melebihi 8 jam. Pastinya kalo usaha sampingan freelance, jam kerja akan lebih dari 8 jam. Pagi sampai sore sobat bekerja di kantor, sore sampai malam sobat mengerjakan proyek. Capek sudah pasti. Lelah jangan ditanya.
  8. Waktu berkumpul dengan keluarga dan pacar jadi terganggu. Kalo yang ini ya begitulah. Milih mana ngerjain proyek apa ketemu pacar? Pilihan yang sulit ya. Proyek dikerjakan pacar terbengkalai. Menghabiskan waktu dengan pacar, proyek gak selesai-selesai. Sayang sobat gak bisa melakukan keduanya secara bersamaan.
  9. Kesehatan terganggu. Karena sering begadang, jarang olah raga, sering makan fastfood, gak heran deh kalo kesehatan jadi terganggu. Sakit yang paling ringan mah mungkin masuk angina ya. Tapi kalo kebanyakan begadang penyakit-penyakit lain yang lebih berat mungkin menghantui. Ya ini relative sih, bagaimana sobat mengatur kesehatan sobat sendiri.






Modal minim, skill minim tapi tetap mau usaha sampingan…usaha patungan boleh jadi solusi buat sobat. 

Banyak banget usaha yang dijalankan secara patungan. Dikerjakan keroyokan. Alhasil kerjaan jadi terasa mudah dan murah. 

Kalo sobat punya teman satu visi dan melengkapi apa yang sobat tidak miliki, usaha patungan memang jalan keluarnya.

Banyak lho, teman yang bekerja di kantor mereka punya usaha sampingan yang patungan dengan temannya.

Biasanya usaha sampingan yang dijalani adalah usaha online. Jual beli online dan dagang online.
Usaha patungan ini jadi pilihan karena lebih sedikit mengeluarkan waktu dan tenaga. 

Misalnya mau jualan hp. Kalo usaha sendirian modal yang dikeluarkan kan besar. Paling gak kan harus keluar modal sampai puluhan juta. Kalau misalkan usaha patungan, modal puluhan juta tersebut bisa sobat bagi menjadi dua atau tiga. Sesuai dengan jumlah orang yang patungan. 

Biasanya, ketika usaha patungan, pekerjaan dibagi-bagi. Ada yang bagian promosi, ada yang bagian gudang, ada yang bagian penjualan, ada yang bagian pencatatan. Tapi ada juga pembagian kerjanya berdasarkan hari. Misalkan hari ini giliran A yang jaga toko online. Besok giliran B yang jaga. Besoknya lagi giliran C yang jaga. Besoknya lagi balik lagi giliran A yang jaga. begitu seterusnya.

Pembagian kuntungan juga begitu. Ada yang membagi keuntungan berdasarkan besaran modal. Ada juga pembagian keuntungan berdarkan kontribusi kinerja. Ada juga yang dibagi rata. Semua balik lagi sama kesepakatan kelompok. 

Keuntungan usaha patungan adalah sebagai berikut:

  1. Modal kecil. Boleh jadi ini alasan sobat untuk memilih bisnis patungan. Yang seharusnya mengeluarkan modal, karena ditangung sama-sama maka menjadi lebih ringan.
  2. Tanggungan kerugian kecil. Jika usaha patungan yang sobat rintis mandek, makasobat gak terlalu khawatir kerugian yang ditanggung karena kerugian dipikul sama-sama dengan yang lain.
  3. Bisa belajar skill yang dimiliki teman. Biasanya dalam usaha patungan, pemilik usaha juga terjun ke dalam usaha. Semuanya saling dukung saling sokong. Ada yang ngerti manajemen, ada yang ngerti marketing, ada yang ngerti produksi dan lain-lain. Nah dengan usaha patungan bersama teman yang memiliki keahlian di bidang diluar yang sobat kuasai maka sobat bisa belajar skill tersebut. Murah, gratis, langsung praktek.
  4. Memperkuat skill. Biasanya usaha patungan akan menempatkan pemilik yang memiliki skill tertentu pada tempatnya. Misalnya sobat punya skill desain, maka kemungkinan besar sobat yang akan menangani urusan desain usaha. Nah karena ditugasi urusan desan, maka ini akan mengasah skill yang sobat miliki.
Kelemahan usaha patungan adalah sebagai berikut:

  1. Untung yang diperoleh lebih kecil. Karena untung dibagi dengan teman yang lain, maka keuntungan yang diterima sobat akan lebih kecil. Beda jika usaha sobat yang jalankan sendiri.
  2. Ketidakcocokan dengan yang lain. Ya, yang namanya manusia pasti tidak sama. Walaupun teman atau sahabat pasti ada perbedaan. Apalagi kalau urusannya dengan uang. Ada yang maunya kerja sedikit tapi giliran bagi keuntungan maunya yang paling besar. Ada yang kerjanya gak mau, tapi maunya ngatur-atur yang lain.  Ada yang kerjanya sabaran, ada juga yang maunya cepat-cepat sukses.
  3. Bubar tengah jalan. Banyak banget nih yang seperti ini. Awalnya ada sedkit ektidak cocokan antara satu pemilik dengan yang lain. Lama-lama jadi bom waktu. Apalagi urusan uang. Gak percaya sama yang lain dan saling tuduh. Bukan hanya karena uang di-gelap-kan aja, tapi bisa jadi karena salah satu pihak boros menggunakan anggaran.
  4. Gak bisa ambil keputusan sendiri. Karena usaha bareng-bareng, maka kalo ada keputusan yang penting semua pihak harus dilibatkan. Repot kalo semuanya sibuk dengan kerjaan utama, padahal keputusan harus diambil dengan segera.
  5. Harus siap diatur. Boleh jadi sobat pemilik usaha, tapi karena nyumbang modalnya kecil makanya jadi minoritas. Suaranya gak sekuat yang nyetor modal paling banyak. Jadi harus siap diatur. Kao gak manut ya siap-siap dikeluarkan dari usaha.



Yang paling banyak dilakukan orang lewat usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan adalah melalui usaha sendiri. 

Sekarang bukan zamannya lagi pegawai gak usaha sampingan sendiri. Bahkan di kantor bisa jadi semua orang usaha sampingan sendiri.

Usaha sampingan sendiri kebanyakan adalah usaha dagang online. Mulanya dilakukan sendiri, tapi lama kelamaan omset meningkat. Mulai deh minta bantuan keluarga untuk urus. Awalnya sih minta bantu adik, kakak atau pasangan. Tapi ketika makin besar, sobat merasa butuh untuk mempekerjakan pegawai

Asik sih punya usaha sendiri. Meski usaha sampingan, tapi sobat udah jadi bos lho.

Diawal usaha berdiri, boleh jadi sobat yang mempersiapkan semuanya. Mulai dari beli barang, pemasaran, packaging, penjualan, pengiriman sampai dengan pencatatan.

Sobat juga yang di awal menghadapi keluhan pelanggan. Tapi seiring dengan pertumbuhan usaha, sobat udah bisa rekrut pegawai. Mulanya satu orang. Lama-lama nambah jadi dua, tiga empat lima dan seterusnya.

Memang kondisi tersebut adalah kondisi yang ideal. Tapi dalam kenyataannya gak seperti itu. Banyak juga usaha yang dilakukan sendiri stuck. Gak berkembang. Awalnya kerjakan sendiri dibantu adik. Tapi setahun-dua tahun berlalu usaha tidak berkembang. Gini-gini aja. 

Tapi biasanya setelah beberapa tahun, usaha usah mulai menunjukkan pertumbuhan. Pesanan mulai nambah. Pelanggan bertambah. Bahkan pelanggan lama nambah ordernya.

Kalo udah besar, boleh jadi sobat jadi bangga. Dikantor, ketemu teman lama ataupun teman baru pasti bisnis sampingan sobat bisa jadi bahan obrolan yang bikin bangga. 

Gak jarang agan berpikiran untuk segera resign aja

Hehehehe..hayo bangun..mimpi aja

Terlepas dari hal tersebut diatas, sebenarnya usaha sampingan bisnis sendiri punya kelemahan dan kelebihan. 

Adapun kelemahannya sebagai berikut:

  1. Repot. Diawal semua harus dikerjakan sendiri
  2. Modal ditanggung sendiri. Mau nambah modal harus usaha sendiri
  3. Kalo rugi, sobat tanggung sendiri.
  4. Resiko tinggi
  5. Modal aja gak cukup, butuh multiple skill
  6. Lebih capek, karena usaha harus diurus.

Kalo kelebihannya sebagai berikut:

  1. Kalo untung, semuanya buat sobat.
  2. Gak khawatir bisnis bubar, karena bubar gaknya tergantung sobat sendiri bukan orang lain
  3. Lebih keren.
  4. Bisa jadi andalah di masa depan
  5. Bisa diwariskan
  6. Potensi penghasilan lebih besar ketimbang gaji sekarang
  7. Sobat bukan buruh lagi, melainkan pengusaha.

Nah setelah tahu, kelebihan dan kekuarangan dari tiga macam usaha diatas, mana yang sobat pilih?
Tentu sobat memilih jenis usaha sampingan ada pertimbangannya sendiri ya. 

Mau apapun gak masalah, asalkan halal.

Tapi sebagai usaha sampingan, ada satu hal yang perlu sobat perhatikan. Apakah itu. Yakni, kalo misalkan sobat lagi sibuk. Kerjaan kantor atau kerjaan utama banyak. Berhari-hari gak bisa handle usaha sampingan. Atau berminggu-minggu keluar kota. Apa yang terjadi dengan usaha sampingan sobat?

Yap..usaha sampingan sobat bakal terlantar. Masih mending deh kalo lagi gak ngerjain order. Kalo lagi ada order, dan sobat langsung yang harus handle...waduuuuhhhh.

Usaha sampingan freelance adalah yang paling parah kalo sobat menghadapi hal ini. Siapa yang mau bantu, kan Cuma sobat yang tau caranya. 

Kalo usaha sendiri atau usaha patungan, mungkin bisa didelegasikan. Tinggal minta tolong yang lain yang bisa standby atau minta adik untuk urus order.

Cuma kalo semakin lama semakin sibuk, apa iya minta tolong terus.

Kalo bisnis gak serius digarap. Kemungkinannya ya tutup.

Usaha patungan misalnya, kalo sekali dua kali sobat gak bisa ikut urus mungkin gak papa. Tapi kalo terus-terusan gak bisa urus, dah pasti teman yang lain merasa tidak fair. Ujung-ujungnya retak deh kerjasama..

Terus sobat harus bagaimana?

Usahanya di otomatiskan aja.. 

Bisa ya? Ya bisa dong.

Cuma otomatis disini beda ya dengan bisnis internet. Beda juga dengan bisnis MLM.

Kalo bisnis MLM memang mereka memakai konsep yang sudah distandarkan. 

Secara awam, bisnis MLM bisa menjadi otomatis karena mereka:

  1. Yang kerja sebenarnya dari upline sampai downline.
  2. Upline dapat keuntungan dari penjualan downline, meski dia gak kerja (otomatis?)
  3. Proses perekrutan terus berjalan. Upline yang diam aja masih bisa dapat komisi (otomatis?)
  4. Keuntungan yang diperoleh dari jualan dan konsumsi membernya. Sementara member diharuskan konsumsi terus tiap bulannya.
  5. Menggunakan internet sebagai salah satu cara promosi. (otomatis?)

Sama dengan mlm, bisnis internet juga digadang-gadang merupakan bisnis yang bisa jalan otomatis. Otomatis karena sebagian besar hanya merupakan bisnis marketing aja. 

Yang paling terkenal adalah bisnis affiliate marketing. Sobat pasti tahu. Atau bisa jadi sobat juga bisnis ini juga..hehehe. Bisnis ini cuma mengarahkan calon konsumen ke website yang jadi partner. Kalo calon konsumen tertarik dan membeli barang yang dijual di website tersebut, maka sobat bisa mendapatkan komisi penjualan.

Nah beda dengan otomatisasi bisnis yang akan saya sebutkan sebentar lagi. Otomatisasi ini bukan karena menggunakan mesin atau website. Tapi otomatisasi yang akan dijelaskan disini adalah usaha sampingan yang otomatis karena dikerjakan dengan sendirinya dengan pengawasan dan intervensi sobat selaku pemilik usaha dengan intensitas yang minim.

Ya sudah bisa jalan dengan sendirinya, jadi ketika sobat liburan seminggu atau sebulan, bisnis tetap bisa jalan.

Sudah siap? Simak ya sobat step-step yang harus dilakukan.


1. Matangkan konsep bisnis

Bisnis sobat apa? Jalannya bisnis gimana? Yang jelas dalam step awal ini sobat harus menginventarisir dulu konsep bisnis yang tengah sobat jalani.

Maksudnya matangkan gimana sih? Maksudnya sobat harus merinci apa-apa saja yang sobat lakukan dalam menjalankan bisnis. Itu bagi yang bisnisnya sudah jalan.

Bagi yang baru mau jalan, identifikasi dulu rincian bisnis yang akan dijalankan.

Misalnya, sobat mau bisnis jualan beras. Nah identifikasi apa-apa saja yang dilakukan dalam bisnis. Kalau bisa urut dari awal sampai akhir. Biar dapat gambaran yang komprehensif.

Contohnya, 

Jualan beras itu, yang dilakukan adalah

1. cari suplier beras
2. tentukan jenis beras yang akan dijual
3. tentukan berapa banyak beras yang akan dipesan
4. pesan beras ke suplier
5. terima beras
6. bayar beras
7. pilah dan bungkus beras per paket
8. catat dalam pembukuan usaha
9. display beras di toko/rumah
10. promosi di medsos
11. promosi konvensional
12. terima pesanan
13. antar barang
14. terima uang

Kalo sudah dirinci apa-apa saja yang dilakukan, sobat bisa evaluasi apa saja yang masih kurang. Misal dalam kasus usaha beras diatas yang masih kurang adalah pencatatan fisik beras. Beras yang pertama kali masuk gudang harus keluar pertama. Istilahnya FIFO (first in first out). 

Masih banyak lagi sih konsep yang bisa didetail dan dikembangkan. Misalnya, dalam hal saluran penjualan. Bisa aja sobat menggunakan agen. Nah pola kemitraan dengan agen biasanya kan ada item-item yang harus dikerjakan. Misalnya pemberian diskon. Nah itu semua harus dicatat sedetail mungkin. Jangan sampai ada yang terlewat. 

Atau sobat ingin sistemnya antar jemput. Jadi konsumen tinggal telepon atau whatsapp aja kalau beras mau habis. Nanti sobat antar. 

Jadi segala bentuk dan konsep bisnis harus dibukukan secara lengkap.


2. Desain Usaha

Sobat boleh menyebut step yang kedua ini dengan membuat desain usaha. Setelah sobat tahu mau ngapain dalam bisnis yang sobat jalankan, selanjutnya adalah menentukan posisi apa saja yang dibutuhkan.

Maksudnya, siapa saja yang melakukan apa. Misal dari ke-14 rincian pelaksanaan yang ada diatas, sobat bisa mengkategorikannya kedalam beberapa posisi. 

Misalnya: 

Step 1-2-3-4 bisa dilakukan oleh satu orang.  Katakan lah posisi A
Step 5-7-9 bisa dilakukan oleh satu orang. Katakan lah posisi B
Step 6-8-14 bisa dilakukan oleh satu orang. Posisi C
Step 10 -11 bisa dilakukan oleh satu orang. Posisi D
Step 12 -13 bisa dilakukan oleh satu orang. Posisi E

Nah dari pemetaan diatas, sobat jadi tahu bahwa dalam bisnis sobat paling gak dibutuhkan minimal 5 posisi, selain sobat sebagai pemilik dan pemimpin usaha.

Posisi A dapat disebut dengan bagian pengadaan.
Posisi B dapat disebut dengan bagian gudang.
Posisi C dapat disebut dengan bagian keuangan.
Posisi D dapat disebut dengan bagian Marketing
Posisi E dapat disebut dengan bagian Sales.

Wuiiiihhhh...jadi keliatan kan, posisi apa saja yang dibutuhkan dalam usaha sobat. 

Pertanyaan selanjutnya, memangnya harus dimulai dengan 5 posisi ya? Apa gak bisa dikurangi? Apalagi kalo usaha baru mulai kan gak kuat bayar gaji pegawai. Bisa-bisa nombok lagi.

Ya bisa aja sih. Begini tingkatannya

Posisi 1. Semua posisi sobat yang jalankan. Ya sobat bertindak sebagai bagian pengadaan, gudang, keuangan, marketing, dan sales.

Posisi 2. Sobat udah bisa gaji satu orang pegawai. Sobat bisa mendelegasikan tugas kepada pegawai tersebut. Biasanya kalo awal-awal pegawai direkrut untuk urusan yang butuh tenaga. Misalnya bagian gudang, marketing dan sales.

Posisi 3. Sobat udah punya 2 pegawai. Sobat kemudian sobat mempertajam lagi fungsi dari tuga pegawai tersebut. Misalnya pegawai A yang handle marketing dan pegawai B yang handle gudang dan sales.

Posisi 4. Sobat nambah lagi pegawai. Sobat kemudian bisa mengalihkan fungsi pengadaan ke pegawai C. 

Posisi 5. Sobat nambah lagi pegawai. Sobat kemudian berani menghire orang yang bisa handle pembukuan dan keuangan. Posisi keuangan biasanya posisi yang paling susah dilepas sama owner usaha, karena posisi ini cukup rawan. 

Dari lima tingkatan itu bisa kita lihat, bahwa sobat bisa kok memulainya dengan satu pegawai. Gak perlu langsung lima pegawai untuk menghandle semua posisi. 

Ketika nambah pegawai juga tidak ada standar yang baku apakah harus mengisi posisi yang berbeda atau mengisi posisi yang sama. 

Yang penting, sobat harus dapat menentukan sendiri, posisi mana yang sangat sobat membutuhkan. Kalo misalnya posisi sopir lebih penting daripada posisi bagian keuangan, berarti nambah pegawai untuk jadi sopir lebih penting daripada rekrut pegawai untuk posisi keuangan.



3. Membuat Uraian Jabatan

Apa yang harus dilakukan sudah tahu. Siapa atau posisi apa yang mengerjakan sudah tahu. Langkah selanjutnya adalah membuat uraian jabatan. Atau bahasa sederhananya, tugas masing-masing posisi atau pegawai apa aja.

Bagian pengadaan, uraian tugasnya apa aja. Nah kalo di step 1 kan sudah keliatan ya gambaran besarnya. 

1. cari suplier beras
2. tentukan jenis beras yang akan dijual
3. tentukan berapa banyak beras yang akan dipesan
4. pesan beras ke suplier

Contoh kasus tentukan beras yang akan dipesan. Bagian ini bisa di breakdown lagi ke uraian yang lebih rinci. 

Misalnya, 

a. mencatat beras yang masuk gudang.
b. mencatat beras yang keluar gudang.
c. menghitung perputaran beras keluar-masuk
d. menentukan sampai titik berapa pemesanan dilakukan
e. mengecek  kualitas beras yang tersimpan digudang

Tuh kan banyak. Semua hal ini biasanya sobat lakukan kalo sobat belum punya pegawai, tapi sobat gak sadari. 

Dengan adanya uraian jabatan ini semuanya akan jadi jelas. Siapa melakukan apa. Ini bisa dilakukan untuk mengindari pegawai yang makan gaji buta. 

Senep banget kan, udah kita bayar gajinya mahal-mahal, tapi kerjaannya Cuma main game aja. Gak ada nilai tambah buat usaha kita. 

Hm...apa dikantor sobat juga seperti ini...makan gaji buta..hehehehe..


4. Membuat Standar Operasi Prosedur.

Setelah dibuat uraian jabatannya, sobat kemudian harus melangkah ke pembuatan standar operasi prosedur. Atau istilah bahasa kantorannya adalah SOP. 

Gunanya SOP adalah supaya apa yang dilakukan oleh pegawai agan standarnya sama. Artinya kualitas dari yang dilakukan oleh pegawai sobat sama dengan ketika sobat melakukan itu sendiri.
Kadang juga ada hal-hal yang dilakukan secara berurutan. 

Misalnya kalau sobat usaha kuliner. Masukin bumbu ini, itu dan anu mungkin harus berurutan. Kalau gak berurutan jadinya gak karuan. 

Nah fungsi SOP adalah memastkan semuanya dilakukan secara berurutan.  Jadi kualitas produk atau layanan yang diberikan kepada konsumen juga sama.

Dalam menyusun SOP, setidaknya ada beberapa item yang harus ada.

a. Deskripsi pekerjaan. Ini diperlukan supaya pegawai tahu SOP ini digunakan untuk melakukan apa


b. Pihak yang terlibat. Kadang pelaksanaan pekerjaan melibatkan pegawai lain atau pihak luar. Dengan adanya hal ini pegawai jadi tahu siapa-siapa saja yang harus terlibat dalam pelaksanaan pekerjaan


c. Persyaratan. Pekerjaan hanya bisa dilakukan kalo dalam kondisi tertentu atau syarat tertentu.


d. Perlengkapan. Dalam melakukan pekerjaan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan.


e. keluaran. Output apa yang dihasilkan dari pelaksanaan kerja ini.


f. Jangka waktu. Berapa lama proses pengerjaan dilakukan. Memasak misalnya, berapa lama minyak dipanaskan. Berapa lama bahan digoreng dalam wajan.


g. Perhatian. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan. Misalnya gak boleh kena air, gak boleh kotor atau barang kalau sudah dipakai harus dirapihkan.


h. Rasci. Siapa yang mengambil keputusan. Kalau ada sesuatu dalam proses, siapa yang berhak mengambil keputusan. Jadi jelas, kalau misalkan salah, siapa yang harus bertangung jawab.


i. Matriks. Gambaran visual dari alur pekerjaan. Ini mempermudah pegawai dalam melakukan pekerjaan.


5. Membuat Indikator Kinerja

Gimana caranya sobat tahu bahwa pegawai telah melakukan pekerjaannya dengan benar? Atau bagaimana sobat tahu kalau pegawai telah melaksanaan pekerjaannya sesuai dengan target.

Lihat SOP..yap benar, tapi masih kurang. 

Lihat capaian penjualan. ...yap setuju, tapi belum  spesifik

Cara yang paling mudah adalah dengan melihat indikator kinerja. Kalau kita hanya melihat berapa banyak produk yang terjual kadang itu tidak relevan dengan kinerja pegawai.

Misalkan, sobat punya usaha butik. Dalam perjanjian kerja sobat menuliskan bahwa jika pegawai tidak bekerja dengan benar maka pegawai dipecat. 

Nah gimana kita tahu dia kerja gak benar kalo misalnya dia tukang potong bahan sementara sobat Cuma lihat dari target penjualan.

Kalo misalnya penjualan naik sementara dia kerja gak bener..lantas gimana? Apa masih dipertahankan. Terus alasannya apa? Perjanjiannya gimana?

Kalo misalkan penjualan menurun sementara dia kerja bener..lantas gimana?

Atau kalau misalkan penjualan menurun dan dia kerja gak bener..terus apa?

Yang ada bisa jadi agan yang kesel, atau dia yang sakit hati.

Nah upaya semuanya fair, dan ada alasan untuk melakukan sesuatu, makanya sobat perlu untuk memberikan indikator kinerja untuk pegawai sobat.

Indikator kinerja bukan Cuma untuk bagian sales aja, semua posisi bisa dibuatkan indikator kinerja.
Caranya gimana?

Sobatkan sudah buat uraian jabatan..trus juga udah buat SOP. Nah dari situ sebenarnya kita bisa membuat indikator buat kinerja pegawai.

Misalnya. Bagian pengadaan. uraian tugasnya begini:

a. mencatat beras yang masuk gudang.
b. mencatat beras yang keluar gudang.
c. menghitung perputaran beras keluar-masuk
d. menentukan sampai titik berapa pemesanan dilakukan
e. mengecek  kualitas beras yang tersimpan digudang

dari uraian tugas dan SOP kita bisa tentukan. Misalnya:

uraian tugas a, indikator kerjanya adalah jumlah catatan = frekuensi barang masuk
uraian tugas b, indikator kerjanya adalah jumlah catatan = frekuensi barang keluar
uraian tugas c, indikator kerjanya adalah jumlah laporan perhitungan dalam tiap bulan
uraian tugas d, indikator kerjanya adalah jumlah laporan perhitungan dalam tiap bulan
uraian tugas e, indikator kerjanya adalah pelaksanaan pengecekan tiap hari selama satu bulan.

Indikator kinerja ini yang harus dilaporkan kepada sobat tiap harinya. 

Jadi sobat bisa mengetahui apakah pelaksanaan tugs telah dilakukan apa belum. Cara ini juga merupakan bentuk pengawasan sobat terhadap pelaksanaan tugas pegawai.



6. Membuat Insentif Kerja

Mungkin judul yang tepat memberikan gaji kali ya. Dari uraian jabatan, SOP dan indikator kinerja sebenarnya sobat udah tahu berapa beban kerja yang diemban oleh pegawai. 

Ada yang itemnya banyak, tapi sebenarnya kerjanya ringan. Ada yang itemnya sedikit, tapi makan waktu banget.

Nah dengan adanya hal tersebut diatas, sobat jadi tahu nih, kira-kira berapa yang pantas diberikan kepada pegawai. 

Selain itu, sobat juga bisa menggunakannya juga untuk memacu kinerja pegawai. Misalnya, kalo kinerjanya mencapai 120% maka akan mendapatkan bonus 40% dari gaji. 

Atau misalnya kalau pegawai kinerja mencapai 100% maka akan mendapatkan bonus 10% dari gaji. Dan jika capaian kinera tidak mencapai 100% maka gaji akan dipotong. 

Fungsi insentif disini penting banget. Karena yang namanya pegawai kan juga manusia. Mereka juga punya keinginan untuk maju. Punya kebutuhan. Apalagi yang udah berkeluarga. Pasti kebutuhannya besar. 

Nah kalo diberikan insentif dengan besaran dan sumber yang tepat, maka jangan heran kalo pegawai sobat kerjanya pada rajin.

Indikator kinerja juga bisa dipakai untuk meminimalisir persaingan yang gak sehat diantara pegawai. Gak ada tuh yang berbaik muka dihadapan sobat tapi dibelakang kerjanya gak benar. Atau saling melapor ke sobat kalo kerja teman mereka gak benar. 

Sobat tinggal liat hasil kerja dan indikator kinerja. Beres.


7. Implementasi

Konsep besarnya udah sobat dapatkan, sekarang tinggal saatnya implementasi. Implementasi artinya sobat kerjakan. Percuma kalau konsepnya tahu tapi gak diimplementasikan. 

Ibaratnya, konsep itu suara-suara yang ada di otak. Implementasi adalah mengubah suara-suara yang ada di otak menjadi tindakan.

Karena boleh jadi konsepnya bagus, tapi dilapangan gak bisa diimplementasikan.
Kenapa harus implementasi?

Pertama, biar sobat lihat sendiri apakah konsep yang dituliskan sesuai dengan kenyataan dilapangan.
Kadang kala konsep gak fungsional.

Artinya konsep gak mungkin bisa dijalankan. Contoh, bagian pengadaan beras. Gak mungkin pegawai kita kasih uang jutaan atau puluhan juta rupiah untuk beli beras sendiri. Yang ada malah rawan disalah gunakan.

Atau bisa jadi ada resep atau bumbu rahasia yang gak boleh siapapun tau, walaupun itu pegawai sendiri. 

Nah, dari implementasi bisa keliatan mana prosedur yang harus dirombak. Mana yang harus ditambahkan dan mana yang harus dihilangkan.

Yang namanya manusia pasti ada alpanya. Ketika menyusun konsep pasti ada alpanya juga. Tetiba baru ingat hal penting yang harus ditambahkan.

Satu lagi yang penting. Prinsip “jangan harap pegawai mau berinisiatif untuk melakukan pekerjaan yang tidak ada dalam uraian jabatan mereka”. Prinsip ini penting, karena pegawai seperti sobat bekerja di tempat kerja, gak akan mau dibebankan tugas yang bukan tugasnya dia.

Bagi pegawai, jika sudah melakukan apa yang menjadi tugasnya maka hal itu dipandang cukup. Padahal sebagai pemilik usaha, kita berpikiran untuk mengembangkan usaha. Dalam upaya mengembangkan usaha tersebut membutuhkan pelaksanaan kegiatan yang diluar kegiatan rutin sehari-hari.

Nah, pegawai, apalagi yang dibayar dengan upah pas-pasan tentu gak akan mau. Apalagi gak ada insentifnya.

Tapi mereka juga gak salah juga. Yang gak ada dalam uraian tugas ya ngapain dilaksanakan. Bikin capek aja.

Oleh sebab itu, semenjak awal sobat harus teliti benar. Sobat harus dapat mengidentifikasi semua kegiatan yang harus dilakukan pada usaha sampingan sobat.

Nah, dari implementasi nanti keliatan. Dan biasanya ide itu baru datang ketika dilakukan. Makanya untuk merevisi nanti lebih mudah.

Nah, gimana caranya nih kalo misalkan kita udah kasih tau pegawai bahwa kerjaannya ini-ini-ini. Dan semua udah kita tuangkan dalam perjanjian kerja?

Ya gimana ya, kalo udah dalam perjanjian, apalagi tertulis mah gak mudah merubahnya.
Tapi pasti ada solusi kok.

Mungkin yang bisa sobat lakukan adalah merubah perjanjian itu, trus kasih insentif buat pemanis.
Tentu pegawai kalo ditambahkan kerjaan pasti akan mengeluh. Mengeluh karena dianggapnya kerjaan makin banyak makin berat tapi gaji segitu-gitu aja.

Nah yang perlu diingat lagi, usaha sobat kan usaha sampingan. Boleh jadi belum terlalu besar. Jadi masih lebih mudah kasih pengertian ke pegawai.

Bisa juga dari sejak awal pegawai di plot di berbagai bagian. Tapi, secara spesifik di plot pada bagian tertentu. Nah, ketika penilaian kinerja, kinerja pada bagian tertentu diberikan bobot paling besar, sementara kinerja pada bagian yang bukan tugas utama dia sobat berikan bobot yang lebih kecil.



8. Pengawasan

Identifikasi udah, perancangan udah, implementasi konsep udah. Sekarang waktunya bagian pengawasan.

Kenapa perlu pengawasan, bukannya udah kerja secara otomatis?

Ya perlu lah sob. Sebagus apapun usaha, seotomatis apapun usaha perlu untuk diawasi.
Bahkan kalo sobat pernah berkunjung ke pabrik-pabrik yang mesinnya serba otomatis pun ada pengawasannya. Apalagi usaha kecil yang semuanya dilakukan oleh manusia. 

Cuma kalo usahanya udah otomatis, pengawasannya jadi lebih mudah. Gak perlu nongkrongin usaha 24 jam. Kalo begitumah sama aja dengan sobat yang turun sendiri. Gak ada kemajuan dong..hehehe
Gimana cara pengawasannya?

Ada beberapa cara sih. Mungkin sobat udah tau. Pada intinya sih kita pakai konsep panotikon. Apaan tuh?

Jadi gini, konsep panoptikon sebenarnya sobat gak perlu mengeluarkan banyak upaya untuk pengawasan. Usaha sedikit tapi pegawai merasa benar-benar diawasi oleh sobat.

Sebenarnya ada banyak caranya, Cuma yang biasa sobat dengar aja ya. Pertama, kalau sobat ada tempat usaha dan punya biaya, gunakanlah kamera CCTV. 

Tapi sebelumnya sobat harus informasikan dulu ke pegawai kalau sobat gak bisa hadir langsung di tempat usaha, Cuma bisa pantau lewat CCTV. Dengan begitu, pegawai jadi tahu dan gak merasa dicurigai. Walaupun dalam benak pegawai dya merasa diawasi oleh sobat.

CCTVnya bisa juga kok CCTV palsu. Artinya gak benar-benar nyala. Cuma baiknya sih CCTV yang asli, biar sobat bisa menyaksikan sendiri apa yang dilakukan pegawai di tempat usaha.

Pertanyaannnya, kalau pegawai tugasnya diluar tempat usaha gimana? Kan gak mungkin kita awasi dia ada dimana. Kan sering tuh denger pegawai alasan keluar ketemu klien tapi sebenarnya pulang tidur dirumah. Apa perlu sobat masang GPS?

Ya gak juga sob. Masih ada cara lain kok. Sebenarnya indicator kinerja dan absen dapat meminimalisir hal seperti itu. 

Indikator kinerja misalnya, dari sini kita bisa tahu seberat apasih kerjaan si pegawai. Kalo misalkan ringan, ya ditambahkan kerjaannya. Kalo misalnya berat ya ditambahkan gajinya.

Kalo ada tugas-tugas yang tidak dikerjakan maka kita akan tahu. Kalo dia tidak mengerjakan tugas atau indicator tidak mencapai 100% kan berarti gajinya juga ikut berkurang.

Gimana kalo pegawai dating eh ternyata Cuma main game aja dikomputer?

Bisa kok. Indikator bisa mengetahui apakah pegawai Cuma main-main aja di tempat usaha atau memang benar-benar kerja. 

Sebenarnya ini bisa dideteksi lewat yang namanya analisis beban kerja. Gak dimasukkan dalam post ini, tapi nanti akan kita bahas. 

Cuma dari indicator kinerja hal itu bisa diperkirakan.

Nah, perlu sobat tambahkan lagi nanti dalam perjanjian kerja, kalau misalnya berturut-turut dalam beberapa bulan kinerja gak sampai 100%, berarti ya bye bye..cari pegawai baru lagi.

Trus supaya pegawai gak kelayapan (nongkrong atau pergi gak jelas) maka perlu juga tuh yang namanya mesin absen.

Selain untuk mengetahui pegawai masuk atau gak, mesin absen juga berfungsi untuk alat untuk mengontrol perilaku pegawai.

Buat pegawai yang malas, yang merasa gak diawasi kerjanya, wasalam deh. Dengan mesin absen mereka akan terpacu untuk datang ke tempat kerja tepat waktu.

Nah lewat cara-cara itu, sobat bisa mengawasi usaha sampingan sobat dari kantor. Sobat bisa tenang kerja, tapi pemasukan tiap hari terus mengalir.

Buktikan kalo usaha sampingan sobat bisa berjalan secara otomatis dengan cara tersebut diatas.


Ilmunya sudah punya, metode sudah ada, lantas tunggu apa lagi?

Masih bingung? masih belum punya usaha sampingan? Gak usah khawatir sob, gak ada kata terlambat.

Kolonel Sanders aja baru mulai usaha di usia 60-an. Apalagi sobat yang masih berjiwa muda.
Cuma pasti sobat bingung ya mau usaha apa, apalagi belum pernah sama sekali. Atau keluarga sobat gak ada turunan pengusaha.

Memang untuk langkah awal usaha sampingan bukanlah hal yang mudah. Ada mental blocking. Khawatir salah. Khawatir gak bisa. Khawatir mengecewakan pelanggan. Malu dilihat rekan kerja.
Nah dari pada terus-terusan bingung, lebih baik lanjutin aja bacanya.

Memang bisnis sampingan selain menawarkan keuntungan juga menawarkan pengalaman dan kemapanan finansial.

Namun, menjalankan usaha sampingan bagi sebagian orang bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan dan dipelajari lebih lanjut. 

Kalau sobat mau coba usaha sampingan, berikut tips dari saya.

  1. Menentukan Jenis Usaha.
Proses yang satu ini terbilang panjang. Kadang merupakan proses yang sangat lama. Kenapa lama? Karena masih bingung mau buat apa. 

Keahlian gak punya, hobi pun gak ada, bakat apalagi. Jadinya muter-muter mentok dak dapat-dapat. 

Sebenarnya tiap orang pada dasarnya bisa usaha sampingan. Apa yang dijual? Ya apa yang menurut sobat yang bisa sobat lakukan sebaik mungkin. 

Misal, sobat bekerja dibidang IT, sobat bisa tuh usaha sampingan dibidang tersebut. Kalau sobat programmer, sobat bisa jual jasa pemprograman. 

Kalo sobat sering berkutat sama hape, sobat bisa aja usah sampingan jual beli hape. Tapi sering kali sobat merasa gak pede dengan apa yang sobat miliki.

Sobat berpikir “masih banyak kok diluar sana yang lebih hebat dari saya”. Nah pemikiran ini yang harus dibuang jauh-jauh. Soalnya pemikiran ini kurang tepat. 

Seharusnya “ada gak ya yang butuh bantuan saya”. Nah kalo pikiranya berpijak dari sini mudah-mudahan akan lebih mudah.

Nah, selain bidang yang sobat geluti. Sobat juga bisa memulai dari hobi yang sobat miliki. Misalnya sobat hobi main futsal. 

Nah, sobat bisa saja usaha sampingan jual perlengkapan futsal. Atau kalo punya modal lebih, sobat bisa patungan sama teman untuk buat lapangan futsal sendiri. 

Kerja masih newbie, hobi gak ada. Gak usah khawatir, sobat bisa cari usaha sampingan dengan cara cari pasar terdekat. Lihat barang-barang apa saja yang dijual dipasar. Kemudian lihat juga kira-kira di sekeliling sobat, baik di rumah maupun kantor ada yang membutuhkan barang dari pasar yang sobat datangi. 

Bisa aja sobat datang ke pasar cipinang, trus ada beras, sobat lihat harganya.eh ternyata harganya lebih murah daripada harga beras di took ritel sebelah rumah. Aha! satu peluang hadir. 

Atau sobat mau yang lebih advance. Tanya sopir truk yang bawa beras, dia ambil beras dari mana. Ternyata ambil beras di cianjur. Sobat pergi ke cianjur, cari agen pengepul beras. Dan tara..harga berasnya lebih murah dari harga pasar cipinang. Aha! satu peluang lagi.

Ihh susah amat yak..gak ada yang lebih mudah apa.

Ada kok yang lebih mudah. 

Sobat punya internet, sobat punya hape android. Sobat buka deh marketplace dan toko online. Ada lazada, OXL, Tokopedia, bukalapak dan Qoo10. Cari barang yang paling laku. 

Bandingkan harga yang tertera disana. 

Ternyata sobat temukan untuk barang yang sama harganya bisa beda-beda. Aha! satu peluang lagi. Jadi deh sobat jualan.

  1. Lihat Tren
Milih jenis usaha udah, tapi apa bener ini ya? Nah kegalauan anak muda sekarang emang begini, apa-apa galau. Kalau masih belum yakin. Coba deh sobat riset dulu.

Riset apaan tuh? Iya riset, apa yang sedang digemari saat ini. Produk apa yang banyak dipakai. Misalnya HP. HP apa yang lagi in banget di pasaran. Aksesoris apa yang lagi tren di kalangan anak muda.

Kalo udah riset, sobat akan mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai pasar. 

  1. Kompetitor Dan Suplier
Teman pernah terun ke bisnis dunia pendidikan. Waktu itu buka bimbel offline. Modal ada, kemampuan ada, guru ada.

Pas riset pasar, terkejut bukan main, ternyata banyak banget anak sekolah yang gak pernah belajar dan mempersiapkan diri jelang ujian.

Sementara banyak banget orang tua yang berharap anaknya sukses ujian dan masuk PTN terkenal. 

Di cek lagi nih kemampuan belinya. Wah ternyata gak main-main. Mereka mau bayar sampai jutaan rupiah untuk anaknya belajar.

Pikiran teman waktu itu seneng banget. Ternyata ada peluang untuk masuk bisnis yang ranum ini. Sibuklah kita cari-cari tempat strategis. Rekrut guru-guru muda lulusan PTN. Bikin modul dan bahan ajar. Beli peralatan elektronik untuk tunjang kegiatan belajar.

Semua di set, sampai-sampai harus pinjam ke bank puluhan juta rupiah.

Sampai hari H tahun ajaran baru dia melakukan promosi besar-besaran. Datang ke sekolah untuk rekrut. Kasih bonus member get member.

Selang lama berjalan ternyata peserta sangat sedikit yang daftar. Padahal segala upaya udah dilakukan.

Modal usaha tergerus habis, padahal asumsi waktu itu gak ada setahun, operasional usaha mampu dihidupi dari iuran peserta. Tapi semua meleset.

Gak lama berselang, dalam kurun 2 tahun bisnisnya bangkrut. Hutang menumpuk puluhan juta rupiah.

Ada pelajaran yang diperoleh dari usaha teman tersebut. Apa itu?

Ternyata ia lupa melakukan riset mengenai competitor.

Bisnis pendidikan di tempatnya ternyata sudah jenuh. Dalam satu wilayah ada 6 buat bimbel besar. Semuanya sudah punya nama. Semuanya memiliki keunikan tersendiri. 

Sementara teman saya dengan modal pas-pasan tidak memiliki suatu hal unik yang bisa ditawarkan kepada konsumen.

Apa yang ditawarkan oleh teman saja, ternyata sudah dimiliki oleh bimbel yang lain.
Belajar dari pengalaman tersebut, maka ada baiknya sobat melakukan riset terhadap competitor sebelum terjun ke medan laga. Halah bahasanya berat. 

Tapi ini serius ya. Riset mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki kompetitor itu penting.

Selain competitor, sobat juga harus melakukan riset mengenai supplier. Mengapa ini harus dilakukan.

Ini perlu juga lho sob. Supaya kita bisa tahu posisi kita ada dimana. Kita disebelahmananya rantai makanan nih.hehehe.

Semakin pendek posisi kita dalam rantai distribusi, maka semakin banyak keuntungan yang dimiliki. Misalnya dalam penentuan harga. 

Kalau posisi kita ternyata ada dalam rantai distribusi yang panjang, maka kita gak dapat fleksibilitas untuk menjual barang. Gak bisa dapat margin atau untung yang besar. Soalnya keuntungannya sebelumnya udah diambil oleh supplier diatas kita.

Besa kalo misalkan kita dapat barang dari produsen langsung, atau dari importir langsung. Kita bisa jual barang dengan margin yang lumayan. 

Makanya mencari supplier yang tepat adalah hal yang harus dilakukan.

  1. Marketing dan Sales
Mau di jual lewat apa dan dimana? Ini juga hal yang penting. Mau lewat market place, door to door, mulut ke mulut, ketemu langsung, atau kanvasing juga bisa. 

Tentukan dulu mana yang sobat merasa mudah dan nyaman. 

Perlu diperhatikan juga soal marketing. Kalo sobat jualan tapi tanpa melakukan marketing keknya jaman sekarang gak gampang.

Pasalnya sekarang ini konsumen udah banyak banget di bombardir sama informasi. Dari informasi soal film, sinteron atau produk saingan. Apalagi jumlah pedagang atau produsen yang menawarkan produk serupa dengan produk sobat juga banyak.

Oleh sebab itu, sobat harus punya strategi dan taktik untuk meningkatkan penjualan sobat.

  1. Lakukan Sekarang
Tunggu apalagi. Ilmunya udah ada, sekarang sobat tinggal praktek aja.


Otomatisasi usaha sampingan adalah salah satu cara untuk meringankan beban sobat sebagai pengusaha sekaligus pekerja. Meski demikian, otomatisasi juga butuh diawasi. 

Otomatisasi usaha sampingan ibarat sobat memiliki anak yang beranjak dewasa. Beda dengan ketika sobat memiliki anak yang masih kecil. Ia masih perlu diawasi, disapih dan dilihat selama 24 jam. 

Kalau sudah dewasa, sobat tidak perlu melalukan itu. Cukup melakukan pengawasan secara berkala.
Namun, yang namanya anak, walaupun sudah dewasa juga harus tetap diawasi. Kadang sobat juga perlu untuk membimbing. Mengingatkan kembali jika ada suatu hal yang salah. 

Atau terkadang sobat harus tunggui dan turun membantu. Sobat juga harus melakukan sidak dan terjun ke lapangan pada waktu yang tak terduga. Layaknya pak Jokowi melakukan blusukan.

Mudah-mudahan tulisan ini dapat membantu sobat yang tengah galau dalam merintis usaha sampingan. Amin.


No comments:

Post a Comment

hanya 5% komentar yang akan dimuat. Biasanya sih komentar cerdas. Jadi jangan sia-siakan waktu kamu hanya untuk nyepam